Panen Jangkrik Pertama (tanggal 23 yang dinanti)

Masih Bulan Puasa, tanggal 23 Agustus 2010 ini, akhirnya tiba juga… ehm panen nich!
Sayangnya waktu itu saya sedang diluar kota sehingga yang memanen Jangkrik-jangkrik kami dari kandang pertama adalah teman-teman yang kebetulan ada di tempat.. :(((
Setelah di timbang, ternyata hasilnya nggak bagus :((( hanya kurang dari 4 Kg, saja.. hmm kenapa ya??
Hasil diskusi kami (10 orang) ini mengambil kesimpulan obrolan ngelantur dari berbagai kemungkinan.. Penyebabnya adalah proses penetasan yang tidak sempurna. Terlalu banyak telur yang terlambat menetas, bahkan tidak menetas karena penyimpanan yang salah.
Penetasan pertama kami menggunakan cara: telur dibungkus dengan kain basah, kemudian kain disimpan diatas triplex, secara berkala (cenderung semaunya, hehehe )kami menyemprotnya dengan watter sprayer. dan ternyata memang telur menetas lumayan banyak. Sehingga setelah usia satu minggu kami menganggap bahwa telur tidak akan menetas lagi, lalu kami menumpahkan sisa telur kedalam kandang. dengan harapan bila masih ada yang menetas, maka jangkriknya tidak akan mubadzir.
Untuk ujicoba kedua kami menggunakan cara yang berbeda yaitu dengan mengikatkan kain diatas mangkok dengan diameter 20cm dengan menggunakan karet gelang, setelah sebelumnya mangkuk diisi dengan air sampai setengahnya. Lalu telur jangkrik diletakkan diatas mangkuk isi air yang sudah ditutup kain (jadi diatas kain, dong.. hehe). kemudia telur ditutup lagi dengan kain basah yang terpisah dari kain yang diikatkan tadi. kemudian secara berkala kami menyemprotnya dengan air (tipsnya: jangan terlalu basah, asal saja hanya untuk menjaga kelembaban kain).
Hasilnya.. woow kandang ternyata dipenuhi oleh warna hitam anak jangkrik, cara ini ternyata lebih baik dari yang pertama. secara kasat mata jumlah telur yang menetas jauh lebih banyak dari pada ujicoba penetasan yang pertama, ini terlihat dari penuhnya kandang oleh anak-anak jangkrik.. semoga!
Kembali ke panen Jangkrik pertama, beberapa kawan sempat down juga melihat panen yang hanya seperempatnya saja dari target, di tambah dengan harga jual yang hanya 30.000 perak… untung yang lain tetap memberi semangat, sehingga akhirnya kami kembali ceria dan kegagalan dan kebodohan sebelumnya hanya jadi bahan tertawan dan lelucon kami sendiri..
Nah Duitnya yang hanya 100.000 rupiah dipake apa dong buat 10 orang? Yaaa bikin kandang lagi karena kami gak kenal menyerah…
Nah sekarang tanggal yang kami tunggu adalah tanggal 1 September…kenapa? Panen kedua bro!! siapa tahu yang kali ini berhasil.. hahaha
Doakan saja…!

Tatang
Ujung berung!

Pos ini dipublikasikan di Cerita awal "terjebak" jangkrik dan tag , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Panen Jangkrik Pertama (tanggal 23 yang dinanti)

  1. sempulur berkata:

    Salam kenal dari komunitas keluarga miskin. Semoga sudi berkunjung ke blog kami untuk menyumbang kesempatan meraih masa depan yang lebih baik dan harmonis.
    Terima kasih.
    Semoga bisa sharing masalah jamgkriknya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s