Atap Rumahku Dimakan Rayap

Kami (10 orang) adalah sekelompok bapak-bapak plus beberapa pemuda di kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung, yang bila pulang kerja selalu nongkrong dan menghabiskan waktu sia-sia dengan main gapleh! sementara beberapa pemuda pengangguran di RW kami dibiarkan tak kami sentuh.

Suatu saat.. karena rumah kami di pegunungan.. rumah saya terserang rayap (jawa=tinggi)  yang luar biasa sehingga hampir menghabiskan atap rumah saya. Beruntung si rayap belum sampai pada kayu kuda-kuda. Maka kami pun bergotong royong menurunkan kayu-kayu bekas makanan rayap tadi..

Nahhh… tinggallah setumpuk kecil kayu kaso-kaso dan tripleks sisa yang masih lumayan dan tidak terpakai, teronggok begitu saja selama lebih dari sebulan dihalaman samping rumah saya.

Disela-sela bermain gapleh, kami pun secara tak sengaja membahas kayu sisa tadi.. untuk apa ya? muncul berbagai ide, dari mulai dibuat untuk kayu bakar sambil bakar ayam sampai membuat kandang kelinci,  kandang ayam, atau kandang jangkrik.. Jangkrik??? bukankah kandangnya kecil? tak perlu kayu sebanyak itu?… “ini untuk ternak cuy!” “kita ternak jangkrik!” Obrolan seketika jadi serius dan terus berlanjut dihari-hari berikutnya! saya pun cari nfo kemana-mana termasuk surpang surping di dunia maya!

Singkatnya.. kami bekerja sama (tentu saja lebih banyak mandor dari pada tukang) membuat satu buah kandang standard (referensi dari berbagai sumber) ukuran 60 cm x 60 cm x 120 cm, plus tinggi kaki 30 cm.

setelah selesai satu kandang yang dimiliki oleh 10 orang ini, kami pun patungan membeli telur jangkrik sebanyak 1 ons, dengan harga Rp 30.000 dari seorang teman..Konon katanya dari satu ons ini setidaknya kita akan menghasilkan jangkrik siap panen seberat 6-12 kg. (just wait and see!!)

Akhirnya tanggal 23 Juli 2010, kami bersepuluh “meletakkan telur pertama kedalam kandang! Hasilnya? kita tunggu tanggal 23 Agustus nanti!

Salam,

Tatang Rahman

Pos ini dipublikasikan di Cerita awal "terjebak" jangkrik dan tag , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Atap Rumahku Dimakan Rayap

  1. aginc berkata:

    wah… ide yg bagus bisa nambah penghasilan tuh, semoga berhasil…
    kalo panen jangkrik-nya berhasil, jangan lupa jingkrak-jingkrak ya😀
    🙂 salam
    Aginc

    http://agincst.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s